Inilah Buletin Perdana Rasionalika


BuletinRasionalika
Buku di samping merupakan buletin perdana FDLP Rasionalika (salah satu Lembaga Semi Otonom yang berada di lingkungan International Institute For Hadith Sciences, Jakarta) periode 2011-2012 yang terbit pada Bulan November lalu. Setelah melalui usaha keras dari segenap dewan redaksi serta melewati proses editing dan cetak yang sangat melelahkan, akhirnya buletin mini yang berisi kurang lebih 96 halaman dan 7 tema itu pun bisa tersaji ke hadapan hadirat pembaca.

Buletin tersebut berisi kumpulan tulisan hasil-hasil diskusi dan seminar yang diadakan oleh FDLP Rasionalika selama dua tahun terakhir sebagai usaha pengembangan daya kritis mahasantri Darus-sunnah. Tema-tema yang diangkat pun cukup beragam berupa isu dan wacana-wacana kontemporer yang marak dibicarakan akhir-akhir ini khususnya yang berkaitan dengan hadis nabawi, seperti kritikan orientalis terhadap sejarah pengkodifikasian hadis,  bias gender serta isu misoginis dalam hadis nabawi, dan lain sebagainya.

Di samping itu buletin ini akan menjadi sarana utama bagi mahasantri nantinya untuk menunjang dan mengembangkan kreatifitasnya dalam bidang literasi. Karena sebagaimana yang pernah didendangkan oleh Imam Syafi’i dalam Diwan-­nya bahwa mengikat ilmu itu hanyalah dengan menuliskannya. Apalagi khadim ma’had Darus-sunnah, Prof. Dr. K.H Ali Mustafa Ya’kub, MA juga seringkali mewanti-wanti mahasantri agar jangan mati sebelum menelorkan karya yang bisa dibaca dan dimanfaatkan oleh manusia.

Untuk memudahkan para pembaca kami tuliskan beberapa tema yang diangkat dalam buletin tersebut berikut para penulisnya:
  1. Tinjauan Historis Penulisan, Pengumpulan, dan Pengkodifikasian Hadis Nabawi dari masa ke masa. Oleh : Yunal Isra al-Fadani. 
  2. Kenaifan Goldziher di Mata Azhami. Oleh : Hengki Ferdiansyah. 
  3. Gender dalam Hadis dan Ilmu Hadis. Oleh : Dita Trinastia dan Sartika.
  4. Hadis Misoginis; Tinjauan Hadis. Oleh : Nurul Hasanah dan Ulfah Nurul Hikmah.
  5. Shahih Ibn Hibban. Oleh : Muhammad Hidayat. 
  6. Meneguhkan kembali Peran Ekonomi Syariah dalam Mengatasi Krisis Global. Oleh : Siti Humairah. 
  7. Relevansi Tasawwuf dalam Dunia Modern. Oleh : Mabrur Inwan.
Untuk terbitan selanjutnya, kami dewan redaksi membuka kesempatan bagi anda yang berminat untuk menyumbangkan buah pikirannya berupa artikel, esai dan opini terkait dengan wacana-wacana kontemporer seputar hadis nabawi dan ilmu-ilmunya. Tulisan dianjurkan tidak lebih dari 10 halaman, spasi satu, menggunakan font times new roman, dan bisa dilayangkan ke dewan redaksi kami di alamat rasionalikafdlp@yahoo.co.id. Atas partisipasinya kami ucapkan terima kasih.

Note : Untuk pemesanan dan berlangganan hubungi Saudara Muhammad Masrur (081298238924) atau kirim e-mail ke alamat rasionalikafdlp@yahoo.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon kritik dan sarannya.!

صاحب الكتابة

Foto saya
Bukittinggi, Agam, Indonesia
Seorang pelajar yang tengah berkontemplasi dalam pencarian jatidiri dan ilmu pengetahuan, walau hingga saat ini ilmu yang dia harapkan terasa masih dangkal dan jauh dari kesempurnaan. Dia lahir pada hari Kamis pagi, tanggal 22 Februari 1990 atau bertepatan dengan 26 Rajab 1410 Hijriah. Diberi nama dengan Yunal Isra bin Syamsul Bahri dan biasa dipanggil dengan sebutan Yunal/Isra/Inal. Pendidikan pertama yang pernah dijalaninya adalah Pendidikan TK pada tahun 1996, kemudian dilanjutkan ke SD 01 Baso dan tamat pada tahun 2002. Setelah itu memutuskan untuk fokus mendalami ilmu-ilmu keislaman di MTI Canduang dan tamat pada tahun 2009. Setahun kemudian ia meneruskan petualangan intelektualnya di program S1 Fakultas Dirasah Islamiyyah UIN Syarif Hidayatullah dan Darus-Sunnah International Institute For Hadith Sciences Jakarta. Berharap semoga bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk manusia lain dan diredoi orang tua dan tuhannya, amien.! Fokus kajiannya sekarang "al-Muhaafazhah A'la al-Qadiimi al-Shaalih, wa al-Akhdzu bi al-Jadiidi al-Ashlah".

Terima kasih atas kunjungannya.........!!!!!!

نحمدك اللهم منزل الآيات تبصرة لأولى الألباب ورافع الدلالات عبرة لتزيل بها عن القلوب الحجاب ونشكرك شرعت الحلال والحرام وأنزلت الكتاب وجعلته هدى لكل خير يرام ونصلى ونسلم على سيدنا محمد المؤيد من الله بأجلى النيرات والساطع نوره في أفق الهداية بما يزيح الريب والمدلهمات وعلى آله خير آل وأصحابه ومن لهم مقتف أوموال