Kehebatan Imam Syafi'i

Suatu kali, Imam Malik berkirim surat kepada Imam Syafi'i seraya bertanya, "Wahai Imam, apa jawaban Anda jika pertanyaan-pertanyaan ini disodorkan orang kepada Anda.?

1⃣Apa yang wajib.?

2⃣Apa yang wajib dari yang wajib.?

3⃣Hal apa yang dapat menyempurnakan suatu perkara yang wajib.?

4⃣Salat apakah yang tidak wajib.?

5⃣Salat apakah yang wajib ditinggalkan.?

6⃣Salat apakah yang dilakukan antara langit dan bumi.?

7⃣Salat apakah yang dilakukan di bumi dan di langit.?

Sejurus kemudian, Imam Syafi'i dengan kealimannya membalas serta menjawab setiap pertanyaan tersebut dengan cepat dan tepat.
Beliau menulis :

1⃣Yang wajib adalah salat fardhu yang lima.

2⃣Yang wajib dari yang wajib adalah wudhu.

3⃣Hal yang menyempurnakan perkara yang wajib adalah bersalawat kepada Rasulullah Saw (di mana ia merupakan salah satu rukun salat).

4⃣Salat yang tidak wajib adalah salat anak kecil yang belum mencapai umur baligh (anak yang berusia 15 tahun ke bawah).

5⃣Salat yang wajib ditinggalkan adalah salat seorang yang sedang mabuk.

6⃣Adapun salat yang dilakukan antara langit dan bumi adalah salatnya Nabi Sulaiman (ketika dibawa terbang oleh jin).

7⃣Sedangkan salat yang dilakukan di bumi dan di langit adalah salatnya Nabi Muhammad Saw ketika beliau di israk dan mikrajkan oleh Allah Swt. Allahu A'lam

(Diterjemahkan langsung dari kitab Alf Qisshah wa Qisshah karya Hani al-Hajj, hal 194).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon kritik dan sarannya.!

صاحب الكتابة

Foto saya
Bukittinggi, Agam, Indonesia
Seorang pelajar yang tengah berkontemplasi dalam pencarian jatidiri dan ilmu pengetahuan, walau hingga saat ini ilmu yang dia harapkan terasa masih dangkal dan jauh dari kesempurnaan. Dia lahir pada hari Kamis pagi, tanggal 22 Februari 1990 atau bertepatan dengan 26 Rajab 1410 Hijriah. Diberi nama dengan Yunal Isra bin Syamsul Bahri dan biasa dipanggil dengan sebutan Yunal/Isra/Inal. Pendidikan pertama yang pernah dijalaninya adalah Pendidikan TK pada tahun 1996, kemudian dilanjutkan ke SD 01 Baso dan tamat pada tahun 2002. Setelah itu memutuskan untuk fokus mendalami ilmu-ilmu keislaman di MTI Canduang dan tamat pada tahun 2009. Setahun kemudian ia meneruskan petualangan intelektualnya di program S1 Fakultas Dirasah Islamiyyah UIN Syarif Hidayatullah dan Darus-Sunnah International Institute For Hadith Sciences Jakarta. Berharap semoga bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk manusia lain dan diredoi orang tua dan tuhannya, amien.! Fokus kajiannya sekarang "al-Muhaafazhah A'la al-Qadiimi al-Shaalih, wa al-Akhdzu bi al-Jadiidi al-Ashlah".

Terima kasih atas kunjungannya.........!!!!!!

نحمدك اللهم منزل الآيات تبصرة لأولى الألباب ورافع الدلالات عبرة لتزيل بها عن القلوب الحجاب ونشكرك شرعت الحلال والحرام وأنزلت الكتاب وجعلته هدى لكل خير يرام ونصلى ونسلم على سيدنا محمد المؤيد من الله بأجلى النيرات والساطع نوره في أفق الهداية بما يزيح الريب والمدلهمات وعلى آله خير آل وأصحابه ومن لهم مقتف أوموال